Selamat Datang di Web Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Blora

Waspada Penipuan Pengangkatan CPNS

Tupoksi Sekretariat


Sekretariat

Sekretariat mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagaian tugas Kepala Badan dalam merumuskan dan menyusun bahan kebijakan teknis, melaksanakan tugas kesekretariatan serta pengkoordinasian penyusunan rencana kegiatan, penata-usahaan keuangan, urusan umum dan kepegawaian satuan kerja perangkat daerah secara terpadu.

Dalam melaksanakan tugas pokok , Sekretariat mempunyai fungsi :

  1. perumusan dan penyusunan bahan kebijakan teknis dibidang kesekretariatan ;
  2. pengkoordinasian penyusunan rencana kegiatan satuan kerja perangkat daerah;
  3. penyelenggaraan dan pelayanan administrasi kesekretariatan ;
  4. pengelolaan barang inventaris ;
  5. penatausahaan keuangan satuan kerja perangkat daerah ;
  6. pengelolaan administrasi kepegawaian ; dan
  7. pengkoordinasian penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan satuan kerja perangkat daerah ;

Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi , Sekretariat  mempunyai tugas:

  1. menyusun program kegiatan pada Sekretariat berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  2. menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan agar pelaksanaan tugas sesui ketentuan peraturan perundang-undangan;
  3. membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya, memberikan arahan dan petunjuk secara lisan maupun tertulis guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. melaksanakan koordinasi dengan Kepala Bidang di lingkungan Badan Kepegawaian Daerah untuk mendapatkan masukan, informasi serta untuk mengevaluasi permasalahan agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyiapkan konsep kebijakan Kepala Badan sesuai bidang tugas di Sekretariat;
  6. menyiapkan rumusan program kegiatan berdasarkan hasil rangkuman rencana kegiatan Bidang-bidang dalam rangka penyusunan anggaran pendapatan dan belanja Badan Kepegawaian Daerah ;
  7. menyelenggarakan pelayanan pengelolaan kegiatan administrasi umum, kepegawaian, keuangan, kearsipan, perpustakaan, dan perlengkapan rumah tangga Badan Kepegawaian Daerah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan guna kelancaran tugas;
  8. melaksanakan koordinasi dalam rangka penyusunan bahan laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati, laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah   sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  9. melaksanakan bimbingan teknis fungsi-fungsi pelayanan administrasi perkantoran sesuai pedoman dan ketentuan peraturan perundang-undangan agar kegiatan kesekretariatan dilaksanakan secara efektif dan efisien;
  10. melaksanakan monitoring,  evaluasi, dan penilaian  prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan;
  11. membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan;
  12. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  13. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan.

 

Subbagian Program

Subbagian Program mempunyai tugas pokok menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis, bahan pengkoordinasian penyusunan program dan laporan kegiatan satuan kerja perangkat daerah serta melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai bidang tugasnya.

Dalam melaksanakan tugas pokok,  Subbagian Program mempunyai tugas:

  1. menyusun rencana kegiatan pada Subbagian Program  berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  2. menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan agar pelaksanaan tugas sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  3. membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang  tugasnya,  memberi petunjuk dan arahan secara lisan maupun tertulis  guna meningkatkan  kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. melaksanakan koordinasi dengan Kepala Subbagian dan Kepala Subbidang di lingkungan Badan Kepegawaian Daerah  untuk mendapatkan masukan, informasi serta untuk mengevaluasi permasalahan agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyiapkan konsep naskah dinas bidang program  sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang ditetapkan atasan
  6. menyiapkan bahan penyusunan  rencana kegiatan dan anggaran / dokumen pelaksanaan anggaran  atau dokumen pelaksanaan perubahan anggaran sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  7. menghimpun dan mengoreksi bahan usulan program kegiatan dari masing-masing Bidang, Seksi, dan Subbagian sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  8. menyiapkan bahan dalam rangka penyusunan laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati, laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  9. menghimpun dan mengoreksi seluruh laporan kegiatan yang masuk dari masing-masing Bidang, Seksi, dan Subbagian sebagai bahan evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan;
  10. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan;
  11. membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan;
  12. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  13. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan.

 

Subbagian Keuangan

Subbagian Keuangan mempunyai tugas pokok menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis, bahan pengkoordinasian penatausahaan keuangan satuan kerja perangkat daerah serta melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai bidang tugasnya.

Dalam melaksanakan tugas pokok , Subbagian Keuangan mempunyai tugas :

  1. menyusun program kegiatan pada Subbagian Keuangan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  2. menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan agar pelaksanaan tugas sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  3. membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya, memberi petunjuk dan arahan secara lisan maupun tertulis guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. melaksanakan koordinasi dengan Kepala Subbagian dan Kepala Subbidang lingkungan Badan Kepegawaian Daerah untuk mendapatkan masukan, informasi guna mengevaluasi permasalahan agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. melaksanakan pengelolaan, koordinasi, menyiapkan bahan proses pencairan dana dan pelayanan administrasi keuangan;
  6. meneliti kelengkapan surat permintaan pembayaran langsung,  pengadaan barang dan jasa yang disampaikan oleh bendahara pengeluaran dan diketahui/disetujui oleh pejabat pelaksana teknis kegiatan;
  7. meneliti kelengkapan surat permintaan pembayaran uang persediaan,  surat permintaan pembayaran ganti uang, surat permintaan pembayaran tambahan uang, surat permintaan pembayaran langsung  gaji dan tunjangan pegawai negeri sipil  serta penghasilan lainnya yang ditetapkan sesuai ketentuan perundang-undangan yang diajukan oleh bendahara pengeluaran;
  8. melaksanakan verifikasi surat permintaan pembayaran dan menyiapkan surat perintah membayar;
  9. melaksanakan akuntansi satuan kerja perangkat daerah  ;
  10. menyiapkan laporan keuangan satuan kerja perangkat daerah  yang meliputi laporan realisasi anggaran, neraca dan catatan atas laporan keuangan;
  11. melaksanakan koordinasi terhadap kegiatan lain yang berkaitan dengan keuangan yang dilaksanakan oleh Bidang dan Subbidang di lingkungan Badan Kepegawaian Daerah ;
  12. melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan anggaran untuk bahan laporan kepada atasan;
  13. melaksanakan monitoring,  evaluasi, dan penilaian  prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan;
  14. membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan;
  15. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan  
  16. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan.

 

Subbagian Umum

Subbagian Umum mempunyai tugas pokok menyiapkan bahan penyusunan kebijakan teknis, bahan pengkoordinasian pelaksanaan urusan umum dan kepegawaian satuan kerja perangkat daerah serta melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai bidang tugasnya.

Dalam melaksanakan tugas pokok ,   Subbagian Umum mempunyai tugas :

  1. menyusun program kegiatan pada Subbagian Umum berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  2. menjabarkan perintah atasan melalui pengkajian permasalahan agar pelaksanaan tugas sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  3. membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya, memberi petunjuk dan arahan secara lisan maupun tertulis guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas;
  4. melaksanakan koordinasi dengan Kepala Subbagian dan Kepala Subbidang di lingkungan Badan Kepegawaian Daerah untuk mendapatkan masukan, informasi guna mengevaluasi permasalahan agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  5. menyiapkan konsep naskah dinas bidang administrasi umum sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
  6. menyiapkan bahan dalam rangka  pelayanan urusan administrasi umum, organisasi dan tatalaksana, pengurusan rumah tangga, perlengkapan/ perbekalan, dokumentasi, perpustakaan dan kearsipan, serta pengelolaan administrasi kepegawaian;
  7. merencanakan dan melaksanakan pengadaan barang untuk keperluan rumah tangga Badan Kepegawaian Daerah sesuai dengan kebutuhan, anggaran dan ketentuan peraturan perundang-undangan sebagai dasar pengadaan barang;
  8. melaksanakan inventarisasi dan pemeliharaan barang;
  9. membuat laporan rutin tentang data kepegawaian, peremajaan pegawai, daftar urut kepangkatan, nominatif pegawai, dan laporan kepegawaian lainnya demi terciptanya tertib administrasi kepegawaian;
  10. memproses usulan kenaikan pangkat, mutasi, gaji berkala, diklat pegawai, dan urusan kepegawaian lainnya di lingkungan Badan Kepegawaian Daerah;
  11. melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan;
  12. membuat laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sebagai dasar pengambilan kebijakan;
  13. menyampaikan saran dan pertimbangan kepada atasan sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas; dan
  14. melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan perintah atasan.