HATI – HATI UPAYA PENIPUAN TERHADAP PELAMAR CPNS PEMERINTAH KABUPATEN BLORA OLEH PIHAK/OKNUM YANG MENAWARKAN ATAU MENJANJIKAN DAPAT DITERIMA MENJADI CPNS DENGAN MEMINTA IMBALAN TERTENTU

RAKOR PENILAIAN IP ASN TAHUN 2023

04 Agustus 2023  |  dibaca 1476 kali  |  Administrator  |  Kegiatan   Cetak

Blora – Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Blora menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penilaian Indeks Profesionalitas Aparatur Sipil Negara (IPASN) Tahun 2023 pada tanggal 4 Agustus 2023. Rakor yang diselenggarakan secara virtual melalui zoom meeting ini diikuti oleh 100 orang pengelola kepegawaian pada OPD se-Kabupaten Blora.

Tujuan pelaksanaan rapat koordinasi ini adalah dalam rangka evaluasi perolehan nilai IPASN Kabupaten Blora tahun 2022 dan menyamakan persepsi terkait upaya peningkatan nilai IPASN Kabupaten Blora tahun 2023. Indeks profesionalitas ASN (IPASN) adalah ukuran statistik yang menggambarkan kualitas ASN berdasarkan kualifikasi pendidikan, kompetensi, kinerja, dan kedisiplinan pegawai ASN dalam melakukan tugas jabatannya. Selain menggambarkan tingkat profesionalitas ASN Kabupaten Blora, IPASN juga ditetapkan menjadi salah satu indikator kinerja daerah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Blora Tahun 2021 – 2026.

Materi Rakor IPASN disampaikan oleh Kepala Bidang Mutasi dan Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Blora, Hananto Adhi Nugroho, S.IP. Dalam paparannya disampaikan perolehan nilai IPASN Kabupaten Blora tahun 2022 sebesar 73,11 masih lebih rendah daripada target IPASN dalam RPJMD tahun 2022 yaitu sebesar 76.

“Salah satu penyebab belum tercapainya target IPASN Kabupaten Blora Tahun 2022 adalah masih rendahnya nilai dimensi kompetensi. Dari nilai bobot maksimal 40, nilai kompetensi yang diperoleh Kabupaten Blora baru sebesar 22,39” ujarnya.

Dalam Paparannya, Kabid Mutasi dan Pengembangan Pegawai juga menyampaikan bahwa guna mempersiapkan penilaian IPASN Kabupaten Blora Tahun 2023 dimana target IPASN dalam RPJMD tahun 2023 yaitu sebesar 76,5 maka diperlukan strategi terutama untuk meningkatkan nilai dimensi kompetensi, yaitu :

  • Berkoordinasi dengan OPD untuk memaksimalkan rekapitulasi kegiatan pengembangan kompetensi PNS: Diklat Fungsional, Diklat Teknis, Workshop, Sosialisasi, Bimbingan Teknis, Seminar, Magang, In House Training
  • Melaksanakan Sosialisasi atau Seminar online dengan target peserta yang massal.

Dalam kesempatan yang sama, juga disampaikan materi internalisasi dan implementasi core values (nilai-nilai dasar) ASN BerAKHLAK dan employer branding ASN Bangga Melayani Bangsa” oleh Kepala Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Blora, Muhamad Muniri, SH.

BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif. Core values ASN BerAKHLAK dan employer branding ASN menjadi salah satu strategi transformasi  pengelolaan ASN menuju pemerintahan berkelas dunia (world class government) serta merupakan perwujudan dari nilai-nilai dasar ASN sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dalam satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN.

Kabid Pendidikan, Pelatihan dan Pembinaan Pegawai dalam pemaparannya juga menyampaikan agar seluruh OPD di Kabupaten Blora selalu menginternalisasi dan mengimplementasikan core values ASN BerAKHLAK dan Bangga Melayani Bangsa sebagai nilai dalam budaya kerja. Untuk meningkatkan kesadaran terkait core values ASN BerAKHLAK dan Bangga Melayani Bangsa dapat dilakukan antara lain melalui :

  • Penggunaan logo BerAKHLAK dan tagar Bangga Melayani Bangsa dalam poster, konten media sosial, latar virtual, bahan  paparan,  dan lain-lain;
  • Penyisipan  informasi BerAKHLAK dan  Bangga  Melayani Bangsa  dalam  setiap kegiatan seperti apel, rapat koordinasi/pertemuan, sosialisasi,  dan lain-lain;
  • Penulisan  panduan perilaku BerAKHLAK dalam  konten media  sosial, poster,  x-banner, dan lain-lain;
  • Pemutaran video panduan perilaku BerAKHLAK di media sosial, media elektronik, dan media lainnya;
  • Pemberian apresiasi dan hal-hal lain kepada pegawai ASN sebagai bentuk bangga melayani bangsa;
  • Penguatan peran Agen Perubahan Reformasi Birokrasi;
  • Atau dapat ditambahkan dengan metode lain yang relevan, kreatif dan inovatif sesuai dengan karakteristik masing-masing.

Semoga Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blora selalu bisa menjadi ASN yang BerAKHLAK dan selalu #banggamelayanibangsa. (*)

Share: