SINAR SERIES “ARAH BARU KARIER PEJABAT FUNGSIONAL”

03 November 2023  |  dibaca 618 kali  |  Administrator  |  Kategori   Cetak

Blora – Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Blora kembali menyelenggarakan SINAR (Sinau Bareng) Series pada hari Kamis, tanggal 2 November 2023 dengan tema “Arah Baru Karier Pejabat Fungsional”. Sosialisasi yang dilaksanakan secara faktual dan daring melalui Youtube Chanel BKD Kabupaten Blora ini diikuti oleh Kasubag Umum dan Kepegawaian serta pejabat fungsional di lingkungan Pemerintah Kabupaten Blora.





Materi sosialisasi disampaikan oleh Analis Kepegawaian Madya Kanreg I BKN Yogyakarta, Endah Sari Rahayu, SE. Dalam paparannya disampaikan tentang perubahan regulasi terkait karier jabatan fungsional berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 1 Tahun 2023 tentang jabatan fungsional dan Peraturan BKN RI Nomor 3 Tahun 2023 tentang Angka Kredit, Kenaikan Pangkat dan Jenjang Jabatan Fungsional.





Permenpan RB Nomor 1 tahun 2023 menjadi harapan baru sebagai salah satu transformasi atas kelola jabatan fungsional yang mencakup : (1). Tugas dan ruang lingkup kegiatan: simplifikasi ruang lingkup tugas jabatan fungsional berbasis pada ekspektasi kinerja; (2). Pola karir JF: pengembangan karir JF berbasis talent mobility dalam pola karir horizontal, vertikal dan diagonal; (3). Simplifikasi jabatan fungsional: penyederhanaan jumlah JF berbasis pada rumpun/kualifikasi JF/urusan bidang pemerintahan; dan (4). Pengembangan kompetensi: Pengembangan kompetensi mendukung pada pemenuhan kompetensi minimal JF. (*)