DISIPLIN ASN DAN KODE ETIK PEMKAB BLORA

01 November 2023  |  dibaca 400 kali  |  Administrator  |  Kategori   Cetak

Blora – Pegawai negeri sipil (PNS) kini memiliki regulasi terbaru mengenai disiplin PNS. Ketentuan mengenai larangan, kewajiban, serta hukuman disiplin bagi PNS termuat dalam PP No. 94/2021 tentang Disiplin PNS.

 

Kebijakan mengenai disiplin PNS ini mulai berlaku sejak diundangkan pada 31 Agustus 2021. Dengan keluarnya kebijakan ini maka PP No. 53/2010 tentang Disiplin PNS dinyatakan dicabut, namun ketentuan mengenai jenis hukuman disiplin sedang dalam PP tersebut masih dinyatakan berlaku hingga PP mengenai Gaji dan Tunjangan berlaku, sebagaimana tertera di Pasal 42.

 

Adapun PP ini diterbitkan dalam rangka melaksanakan ketentuan dalam UU No. 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara mengenai PNS wajib mematuhi ketentuan disiplin PNS untuk menjamin terpeliharanya tata tertib dalam kelancaran pelaksanaan tugas. Selain itu, juga untuk mewujudkan PNS yang berintegritas moral, profesional, dan akuntabel serta mendorong PNS lebih produktif, maka diperlukan peraturan disiplin PNS sebagai pedoman.

 

Untuk memahami lebih lanjut mengenai peraturan disiplin PNS, PP No. 94/2021 dapat diakses melalui tautan :

PP_94_2021

Selain PP tentang Disiplin ASN, sebagai pedoman sikap, tingkah laku, perbuatan dan ucapan PNS di lingkungan Pemkab Blora dalam melaksanakan tugas dan pergaulan sehari-hari, Pemerintah Kabupaten Blora juga telah menetapkan Peraturan Bupati Nomor 45 Tahun 2016 tentang Kode Etik Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Blora. Dalam Peraturan ini memuat nilai-nilai dasar bagi PNS, Kode etik PNS, Majelis Kode Etik dan Saksi serta Tindakan Administratif.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai peraturan Bupati Nomor 45 tahun 2016 dapat diakses melalui tautan :

Perbup_45_2016